Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ukuran Amplop Putih dan Coklat Standar Indonesia di Microsoft Word

Ukuran Amplop Putih dan Coklat Standar Indonesia di Microsoft Word

Daftar Isi

Indonesia memiliki banyak sekali standar ukuran amplop yang sering digunakan, selain itu warnanya beragam mulai dari warna putih hingga coklat polos dan masih banyak lagi. umumnya amplop warna putih biasanya dilengkapi dengan perekat dan ukuran umumnya berbentuk panjang (paperline panjang).

Sedangkan untuk amplop yang berwarna coklat biasanya tidak dilengkapi dengan perekat, beberapa mungkin hanya dilengkapi dengan tali  saja, dan sisanya tidak, selain itu amplop kertas coklat polos ukurannya bermacam-macam ada yang besar dan ada yang kecil sama seperti amplop putih.

Dalam penggunaan amplop coklat dan putih biasanya sedikit berbeda, amplop coklat besar biasanya digunakan untuk mengirim dokumen, sementara yang ukuran kecil biasanya banyak digunakan untuk membungkus uang gaji atau semacamnya.

Sedangkan amplop yang berwarna putih dengan bentuk paperline panjang, biasanya digunakan untuk, surat undangan (amplop kondangan), surat menyurat baik surat dinas maupun surat lainnya.

Jika amplop digunakan untuk surat dinas atau surat resmi maka umumnya amplop harus dilengkapi dengan kop atau lebel nama.

Di microsoft word bisa membuat kop surat maupun label undangan pada bagian luar amplop dengan cara yang mudah, karena microsoft word sudah menyediakan berbagai standar ukuran amplop di seluruh dunia. cukup dengan memilih kode standar amplop yang disediakan microsoft word, maka ukuran amplop pun akan ditentukan secara otomatis.

Standar Ukuran Panjang Amplop Putih dan Coklat di Indonesia

Ukuran amplop di indonesia memiliki standar tersendiri, namun hampir semua ukuran amplop sudah disediakan di microsoft word, sehingga ketika kamu tidak perlu repot-repot harus menentukan ukuran amplop secara manual.

Untuk print amplop menggunakan aplikasi microsoft word, maka sebelum amplop diisi dan di-print, kita harus menyiapkan formatnya terlebih dahulu, pengaturan pertama yang harus kita tentukan adalah pengaturan ukuran kertas untuk amplop tersebut, sehingga ketika diprint hasilnya bagus.

Berikut beberapa format jenis panjang ukuran standar pada amplop putih dan coklat di indonesia yang bisa dipilih di aplikasi microsoft word.

JENIS AMPLOP

UKURAN AMPLOP

UKURAN KERTAS

Amplop C7 81 x 114 mm (3.2 x 4.5 inci) A7 (kertas A6 yang dilipat dua sebanyak satu kali)
Amplop C7/C6 81 x 162 mm (3.19 x 6.4 inci) 1/3 A5
Amplop C6 114 × 162 mm (4.5 x 6.4 inci) A6 (kertas A4 yang dilipat dua sebanyak dua kali)
Amplop C6/C5 114 × 229 mm (4.5 x 9 inci) 1/3 A4
Amplop C5 162 × 229 mm (6.4 x 9 inci) A5 (kertas A4 yang dilipat dua sebanyak satu kali)
Amplop C4 229 × 324 mm (9 x 12.8 inci) A4
Amplop C3 324 × 458 mm (12.8 x 18 inci) A3
Amplop B6 125 × 176 mm (4.9 x 6.9 inci) C6
Amplop B5 176 × 250 mm (6.9 x 9.8 inci) C5
Amplop B4 250 × 353 mm (9.8 x 13.9 inci) C4
Amplop E4 280 × 400 mm (11 x 15.75 inci) B4

Cara Print Amplop di Microsoft Word

Gunakan format Print-Out jika kamu tidak tahu model atau jenis ukuran amplop, berikut langkah-langkahnya:

  1. Ukur panjang dan lebar amplop dengan menggunakan mistar (penggaris).
  2. Kemudian catat ukuran panjang dan lebarnya dalam satuan milimeter (mm).
  3. Lalu cocokkan dengan model amplop di atas, siapa tahu cocok dengan salah satunya.
  4. Buka software Microsoft Word versi apa saja (2016, 2013, 2010, ataupun 2007).
  5. Buka tab Mailings → Enploves.

  6. Ukuran Amplop Putih dan Coklat Standar Indonesia di Microsoft Word

  7. Pada kotak dialog Envelopes and Labels yang tampil di layar, silakan klik tombol Options… untuk memilih salah satu ukuran amplop.

  8. Ukuran Amplop Putih dan Coklat Standar Indonesia di Microsoft Word

  9. Pada kotak dialog Envelope Options, silakan kamu pilih ukuran amplop yang sesuai dengan amplop yang akan di print pada menu Envelope size.
  10. Jika model amplop tidak ada yang sesuai, silakan kamu pilih saja opsi Custom size… kemudian masukkan ukuran panjang x lebar sesuai amplop yang digunakan

  11. Ukuran Amplop Putih dan Coklat Standar Indonesia di Microsoft Word

  12. Selanjutnya, kamu bisa menulis teks, label atau kop surat di lembar kerja, lalu bisa langsung print-out seperti biasanya.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai format ukuran panjang amplop putih dan coklat yang biasa digunakan di pasaran. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk membuat amplop di microsoft word.

Posting Komentar untuk "Ukuran Amplop Putih dan Coklat Standar Indonesia di Microsoft Word"