Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Row, Column, Formula Bar, Cell, Range, Worksheet, dan Workbook di Microsoft Excel

Pengertian Row, Column, Formula Bar, Cell, Range, Worksheet, dan Workbook di Microsoft  Excel

Pengertian istilah - istilah dasar di microsoft excel yang perlu Anda ketahui seperti Column (kolom), Row (baris), Formula Bar, Cell (sel), Range (rentang), Worksheet (lembar kerja), dan Workbook (buku kerja).

Daftar Isi

Berikut ini penjelasan dari istilah dasar MS Excel yang akan dibahas dalam artikel ini.

Pengertian Row dan Column di Microsoft Excel

Baris / Row adalah bagian dari worksheet yang melintang horisontal ke samping dan ditandai dengan nomor angka 1,2,3 sampai 1.048.576.

Baris excel

Sedangkan Kolom / Column adalah bagian dari worksheet yang melintang vertikal ke atas dan ditandai dengan huruf A,B,C, dan seterusnya sampai XFD.

kolom excel

Jumlah Baris dan Kolom di MS Excel

Jumlah Kolom dan baris di excel


Pengertian Formula Bar di Microsoft Excel

Formula Bar adalah kotak isian untuk memasukan formula atau rumus serta dapat menampilkan rumus yang tersimpan di sebuah cell. Posisi Formula Bar berada di bagian atas table atau worksheet pada microsoft excel.

Contoh Formula Bar di MS Excel


Anda bisa memasukan formula atau rumus dengan 2 cara alternatif yaitu bisa langsung melalui cell dengan didahului tanda =, atau bisa juga dimasukan langsung melalui formula bar.

Anda juga bisa menampilkan rumus yang tersimpan di sebuah cell dengan cara menyeleksi cell yang sudah dimasukan rumus, maka rumus untuk cell tersebut akan muncul di formula bar.


Pengertian Cell di Microsoft Excel

Cell adalah sebuah kotak kecil pada worksheet yang terdiri dari pertemuan Baris dan Kolom. Sebuah sel excel biasanya memilki nama atau alamat sesuai dengan nama kolom dan nomor barisnya. 

Kolom diberi nama dengan Abjad A,B, C, D... dan seterusnya yang ditampilkan secara horizontal (dari kiri ke kanan dan berada di posisi atas). 

Sedangkan untuk setiap barisnya diberi nomor 1, 2, 3, dan seterusnya yang ditampilkan secara vertical (dari atas ke bawah dan posisi berada di sebelah kiri).

contoh cell di microsoft excel

Contoh Cell di MS Excel

Misalnya titik pertemuan antara kolom D dan baris nomor ke-5 maka disebut dengan Sel D5.

contoh cell di microsoft excel


Pengertian Range di Microsoft Excel

Range adalah  gabungan lebih dari satu cell yang berkelompok di MS Excel. Range ditentukan oleh 2 nama cell atau kotak di pojok kiri atas dan nama cell di pojok kanan bawah. yang dipisahkan dengan titik dua (:). begitu juga untuk seleksi range lainnya.

Contoh Range di MS Excel

contoh range di microsoft excel


Gambar diatas merupakan seleksi sebuah range B2:D6 di microsoft excel artinya range dimulai dari cell B3 dan berakhir di Cell F8.


Pengertian Worksheet / Spreadsheet / Sheet di Microsoft Excel

Worksheet / Spreadsheet / Sheet adalah lembar kerja microsoft excel yang terdiri dari baris dan kolom. Worksheet terdiri dari 256 kolom dan 65.536 baris memuat sejumlah 4.194.304 sel. Worksheet tersebut digunakan untuk menyimpan atau mengola data, formula, grafik, dan sebagainya.

Contoh Sheet di MS Excel

contoh sheet di microsoft excel

Saat pertama kali membuka microsoft excel dan membuat sebuah lembar kerja baru, excel secara default menyediakan worksheet yang diberi nama Sheet 1. Worksheet akan membantu memudahkan Anda untuk melakukan manajemen data excel.


Pengertian WorkBook

Workbook adalah buku kerja untuk melakukan manajemen dan menyimpan  kumpulan worksheet di microsoft excel. Bisa diartikan Workbook excel ini dibagi ke dalam bagian-bagian lebih kecil yang disebut dengan worksheet atau lembar kerja. Lalu menjadikannya sebuah file excel berextensi xlsx, xlsb atau xlam.

Fungsi Workbook berkaitan dengan seluruh perintah yang ada pada Microsoft Excel. Tampilan awal Workbook hanya terdiri dari satu Worksheet, pengguna dapat menambahnya dengan mudah apabila diperlukan. Setiap sel dapat memuat data baik berupa string (tulisan), angka, atau formula Excel.


Demikian pembahasan pengertian istilah - istilah dasar pada excel. Semoga membantu kamu dalam menggunakan Microsoft Excel.

Posting Komentar untuk "Pengertian Row, Column, Formula Bar, Cell, Range, Worksheet, dan Workbook di Microsoft Excel"